navigation
Mengenai SMP Santa Patricia

- Tentang SMP Santa Patricia

 

SMP Santa Patricia adalah salah satu sekolah di bawah naungan Yayasan Citra Kasih Sejahtera didirikan pada tanggal 18 Oktober 1996 oleh Drs. Edward Chandra, APTK, Ibu Millyati Tantri, SH, M.M dan Ir. Peter Jaya Negara. Sekolah ini terdaftar di bawah naungan Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Jakarta. SMP Santa Patricia ini didirikan untuk menjadi wadah lulusan SD Santa Patricia dan lulusan SD yang ada di sekitar Kompleks Duta Garden. 

Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun, SMP Santa Patricia terus berbenah baik secara fisik maupun nonfisik. Setiap tahun diadakan pembaharuan sarana dan prasarana pembelajaran agar kebutuhan siswa selalu terpenuhi sesuai perkembangan teknologi. Gedung SMP Santa Patricia berada di lantai III dan IV berupa bangunan permanen di dalam komplek Duta Garden Blok G7 No. 45 – 47 Tangerang, dilengkapi Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa / Audio Visual, Perpustakaan, Ruang seni musik dan tari, serta didukung dengan adanya CCTV di setiap ruangan.

Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Santa Patricia merupakan tenaga yang mumpuni yang secara terus menerus mengembangkan diri sesuai bidang yang diampu masing-masing dan sesuai kebutuhan perkembangan Pendidikan di Indonesia Saat ini guru-guru dan Kepala Sekolah berpendidikan S1 dan S2. Beberapa di antaranya merupakan Instruktur Nasional untuk bidang studi yang diampu.  Pada setiap perubahan atau pengembangan kurikulum, instruktur nasional membantu pemerintah mendapingi para guru di seluruh nusantara dalam pelatihan-pelatihan yang ada. Para guru juga secara aktif menjadi pengurus dan anggota MGMP di Kota Tangerang. Dengan demikian, SMP Santa Patricia selalu mengikuti perkembangan dengan baik.

Dengan visi misi yang jelas, sudah tentu sistem pendidikan yang dibangun di SMP Santa Patricia tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Akreditasi yang diadakan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), SMP Santa Patricia selalu memperoleh nilai “A” (Unggul) . Hasil ini dicapai berkat kerja sama yang baik dari Pimpinan Yayasan, Kepala sekolah, Guru-guru, Pegawai, dan seluruh pemangku kepentingan. Seluruh warga sekolah dengan sungguh sungguh berdedikasi, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.

SMP Santa Patricia telah meluluskan siswa sejak Juni 1999, dan pada bulan Juni 2021 akan meluluskan angkatan ke-23. Alumni SMP Santa Patricia juga sudah banyak yang berhasil di tengah masyarakat, menjadi dokter, pengacara, pengusaha, artis dan professional yang sukses dan pajabat pemerintah. Prestasi demi prestasi yang diraih oleh para siswa setiap tahun cukup membanggakan. 

Kita tidak ingin berpangku tangan dan berpuas diri dengan apa yang sudah dilakukan dan dicapai selama ini. Seluruh warga SMP Santa Patricia melaksanakan atau mewujudkan cita-cita dengan semangat yang tertuang dalam Mars Santa Patricia: .... Dengan tujuan Scienca Eksapienca, berpacu dalam ilmu pengetahuan, ukirlah masa depan selaras dengan jati dirimu. Tumbuhkanlah iman sejati, .....Pancasila pedoman kita, jadilah cerdas berbudi luhur.... Semua itu sebagai suatu upaya untuk membuat Santa Patricia semakin maju dan berkembang sehingga menjadi persembahan berharga bagi nusa dan bangsa.

Dalam pelayanannya sehari-hari, SMP Santa Patricia, mengambil fokus  "Pengembangan budaya sekolah yang peduli, aman, nyaman, dan ramah". Disadari bahwa dengan adanya suasana saling peduli, aman, nyaman, dan ramah maka sekolah akan menjadi taman belajar yang menyenangkan dan pada akhirnya menjadi lingkungan sekolah yang positif selalu meningkatkan motivasi, aspirasi dan kreativitas bagi seluruh warganya. 

Dra Romeis Lumban Gaol, M.Pd

Kepala SMP Santa Patricia

 

 

 - Visi

Unggul, Cerdas, Terampil, dan Tangguh Membangun Budaya dengan Landasan Iman

 

 - Misi

  1. Mewujudkan pendidikan untuk menghasilkan siswa yang berpikir mandiri dan tangguh .
  2. Mewujudkan  pendidikan untuk siswa yang mengenal potensi diri dan mampu mengembangkannya.
  3. Mewujudkan pendidikan untuk siswa yang mampu memahami nilai kepemimpinan serta mampu mengaplikasikannya
  4. Mewujudkan pembelajaran dan bimbingan yang efektif dengan menerapkan pendekatan saintifik disertai perbaikan secara terus menerus (cerdas)
  5. Memberikan pelayanan prima dan menumbuhkan semangat belajar yang tinggi sehingga di dalam diri setiap siswa tumbuh motivasi untuk belajar sepanjang hayat  (cerdas)
  6. Mewujudkan terciptanya SDM yang tekun dan konsisten meningkatkan ketrampilan (terampil)
  7. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan/budaya sekitar. (berbudaya)
  8. Menumbuh kembangkan nilai-nilai luhur dan semangat juang melalui pengkajian keteladanan para tokoh (berbudaya)
  9. Menumbuhkan sikap dan perilaku mulia melalui pengkajian nilai-nilai keagamaan. (landasan iman)

 

 - Tujuan

  1. Tercapainya pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkompetitif di tingkatan yang lebih tinggi .
  2. Terbentuk pribadi SDM yang matang dan tangguh sehingga berkembang menjadi pendidik yang professional dan mampu menciptakan sesuatu yang baru bagi diri sendiri dan orang lain khususnya peserta didik.
  3. Meningkatnya kedisiplinan, kejujuran, kreativitas, inovasi, keuletan dan ketekunan siswa dalam belajar.
  4. Peserta didik mendapat pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan sesuai potensinya  untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
  5. Peserta didik mendapat pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan teknologi yang diperlukan oleh  masyarakat sekitar.
  6. Peserta didik mempunyai semangat juang dan sikap kerja keras untuk mengejar ketertinggalan.
  7. Peserta didik menjadi pribadi yang mempunyai semangat tinggi untuk belajar secara mandiri.
  8. Peserta didik menjadi pribadi yang menyayangi dan dapat beradaptasi dengan lingkungan serta budaya sekitar.
  9. Peserta didik memahami , menerima, menghargai budaya bangsa dan mengikuti keteladanan para pendiri bangsa dan tokoh bangsa.
  10. Peserta didik beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.